Powered By Blogger

Kamis, 16 Januari 2014

Tata Cara Makan Orang Jepang

1. Peganglah sumpit dengan benar.
Mungkin bagi yang tidak biasa ini akan merasa susah. Apalagi harus makan nasi dengan sumpit. Kalau pakai sumpitnya buat makan mi sih masih mendingan. Tapi ini....nasi.!!! Pokonya sebisa mungkin yang benar deh, sambil (curi-curi) lihat-lihat cara orang sekelilingnya.


2. Jangan makan langsung dari piring lauk.
Ketika kita makan dengan gaya Jepang, maka di tengah2 meja akan ada piring bersama yang berisi macam-macam lauk pauk. Jangan mengambil lauk kemudian langsung memasukkannya ke mulut, tapi setelah mengambil lauk di piring bersama, letakkan dulu di atas piringmu, baru boleh dimakan.


3. Gunakan alas sumpit.
Banyak restoran Jepang akan memberikan alas sumpit. Kalau kamu sedang tidak menggunakan sumpit, taruh pada alas sumpit. Tapi kalau sumpit sekali pakai akan diberikan alas, jadi kita bisa membuat alas dari bungkus sumpit. Sumpit tidak boleh ditempatkan tegak di nasi karena hal ini menyerupai upacara dilakukan di pemakaman di Jepang.


4. Makanannya jangan ditusuk dengan sumpit.
Jangan menggunakan sumpit untuk menusuk makanan yang akan kita makan. Hal ini dianggap serakah (sashi bashi).


5. Jangan menggali.
Ambillah makanan dari bagian teratas. Jangan menggali di piring atau mangkok seperti sedang mencari sesuatu.

6. Jangan menancapkan sumpit diatas nasi secara vertikal.

Ini tidak disukai orang jepangkarena ini hanya dilakukan pada upacara kematian saja.


7. Jangan menjilat sumpit.
Seenak apapun rasa makanan yang kamu rasakan, tapi jangan pernah kamu sampai menjilat sumpitnya. (neburi bashi)


8. Hati-hati memberi makanan kepada orang lain.
Jangan pernah berbagi makanan dengan lewat dari sumpit karena ini menyerupai kebiasaan di pemakaman Jepang ketika tulang dikremasi secara upacara dipindahkan ke guci. Ini mungkin adalah hal paling tabu yang dilakukan di meja makan Jepang.


9. Sumpit bukan mainan.
Jangan menunjuk dengan sumpit Anda ketika berbicara atau memegang sumpit untuk waktu yang lama tanpa makan. Jangan pernah menggosok sumpit bersama-sama berulang-ulang karena merupakan tanda bahwa kamu berpikir bahwa sumpit itu murah.


10. Jangan meletakkan sumpit dalam keadaan tertumpuk dan menyilang ( seperti huruf X).
Karena posisi sumpit seperti itu mengingatkan orang jepanag akan upacara kematian.


11. Jangan gunakan sumpit untuk mengaduk sup.
Walaupun sup miso yang tersaji kamu anggap kurang rata dan perlu diaduk, jangan gunakan sumpitmu untuk melakukannya.


12. Kalau makan sup biasanya disediakan sendok juga. Namun kebanyakan orang jepang tetap makan sayuran sup menggunakan sumpit dan kuahnya diminum langsung dengan menempelkan mulut ke mangkok sup tersebut.


13. Bagi orang jepang, kalau kita makan dengan berisik...itu tandanya kita sangat menikmati makanan tersebut dan si tuan rumah akan merasa senang.

Begitulah kira-kira hal tentang tata cara adab makan ala orang jepang. Sandainya anda merasa bingung dan canggung, lebih baik omongkan langsung pada si tuan rumah maka mereka akan mengerti dan memberi tau.

Sumber : http://www.exurlz.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar